Ini Rahasia Berhasil Tanam Melon Kajari, Melon Varietas India di Kebun

Pernah kepikiran nggak untuk tanam melon di rumah? Aku pernah. Meski rasanya nggak mungkin karena tak punya lahan yang luas, tapi rasanya nggak ada yang nggak bisa kalau kitanya mau mencoba.



Kali pertama tanam melon, aku dan suami menyemai biji melon dari salah satu jenis melon golden yang kami beli dari melon golden slice di toko buah. Harga buah per potongnya yang lumayan mahal membuat kami penasaran apakah kami bisa menyemai dan menumbuhkannya di kebun hingga panen.

Perlahan, tapi pasti. Di atap kecil rumah kontrakan kami, kami menyemai biji-biji melon golden yang akhirnya bisa tumbuh besar dan kami pindahkan 3 pohon dengan kondisi yang paling baik ke galon Le-Mineral bekas.

Kami rawat dengan pupuk seadanya dan air yang cukup, biidznillah melon golden kami bisa berbuah hingga panen. Masya Allah senang sekali rasanya.

Dan seperti sebagaimana sifat manusia yang tidak pernah puas, rasa penasaran kami semakin menjadi dan setelah kami memutuskan untuk menetap di Kudus, kami memutuskan untuk menyemai kembali melon dan kali ini adalah varietas Melon India.

Melon Kajari India - Heirloom

Tidak semudah yang terlihat, menyemai melon memang gampang-gampang susah. Dari sekian benih yang kami semai, hanya tersisa 2 pohon Melon Kajari yang tumbuh dengan sehat hingga berbunga dan besar. Mungkin, cuaca cukup berpengaruh. Mengingat kami tinggal di dataran rendah yang cukup panas, melon di kebun kami tidak bisa tumbuh semua.

Meski demikian, kami cukup bangga bisa melihat Melon Kajari India di @kebunkhaula bisa berbunga. Mulanya, bunganya mulai rontok. Namun, kami belajar polinasi manual bunga melon dengan mengawinkan bunga jantan ke bunga betina satu persatu sambil berbisik ke tanaman Melon Kajari kami agar tumbuh dengan baik hingga panen.

Atas izin Allah, polinasi kami berhasil dan beberapa tumbuh menjadi bakal buah melon. Dari 2 pohon melon kajari yang sehat, ada 2 melon cantik yang perlahan ukuran buahnya membesar dan guratan corak di buahnya perlahan mulai tampak.

Karakteristik Melon Kajari India

Sekilas, buah Melon Kajari India ini mirip dengan buah semangka. Terlebih, saat pertama kali melihat karena memang coraknya persis dengan semangka kecil. Buah hijau muda dengan guratan motif putih hijau yang kian melebar. Namun, semakin besar buah, warna kehijauan dari buah perlahan berubah menjadi oranye yang juga menjadi tanda bahwa buah semakin matang dan mendekati masa panen.

Butuh waktu kurang lebih 2-3 bulan untuk bisa melihat pertumbuhan pohon Melon Kajari India dari bibit hingga panen. Ukuran buah Melon Kajari India terbilang kecil. Di kebun sendiri, berat melon di kebun hanya sekitar 700-800 gram. Cukup kecil untuk jenis melon yang bisa tumbuh besar dan sering kita temui di toko buah.

Aroma dari Melon Kajari India ini sangat harum. Wanginya semerbak bahkan dari jarak 30cm. Semakin didekatkan, buah Melon Kajari India semakin harum. Mirip dengan aroma blewah, namun jauh lebih wangi. Setelah dibelah, buah ini semakin mengeluarkan aroma harumnya yang semerbak. Karakter buah ini cenderung berair seperti semangka, namun berbentuk melon. Tidak heran bila masyarakat awam menyebutnya sebagai melon semangka.

Rasanya super manis, dan daging buahnya sangat lembut. Seperti perpaduan antara melon dan semangka dalam satu buah yang sama. Duh, menuliskannya sedetail ini membuat kami ingin menanam dan memanennya kembali hehe.

Sekarang, kami sedang mengeringkan biji buah Melon Kajari India sambil berharap kami bisa menanam dan memanen lebih banyak Melon Kajari India di kebun kami sendiri. Doakan kami, ya!

Salam,

Dwi Septia (@kebunkhaula

0 Comments

Halo!

Terima kasih telah membaca blog www.dwiseptia.com. Semoga konten yang ada di blog ini bisa menginspirasi. Doakan saya bisa produksi konten yang lebih baik, ya!
Oh, ya kalau ada rekues konten silakan tulis di kolom komentar, ya! ^^

Follow Me On Instagram