Cerita tentang Sakit Gigi Pertama Saat Usia Masuk Kepala Tiga

daripada sakit gigi, lebih baik sakit hati

Kalau kamu pernah dengar ungkapan ini, udah, iyain aja karena ungkapan ini benar-benar ungkapan yang jujur dan tanpa dibuat-buat. Awal denger dulu tuh kaya, "dih, apaan sih, lebay!" Sakit gigi kan gitu doang, yak? Masa iya harus di-compare sama sakit hati yang melibatkan perasaan? Adudu, nggak matching! Jujur deh, kamu setuju kan sama statement di atas? Wkwk ngaku aja!!

Tapi tapi tapiiii.....
Setelah masuk ke usia kepala tiga ini, akhirnya aku benar-benar membuktikan bagaimana rasanya sakit gigi sampai udah nggak mau tahu deh sama apa yang terjadi di sekitar karena emang rasanya sesakit itu dan se-ngilu itu!





Semua terjadi begitu tiba-tiba. Februari 2024 lalu, rasa ngilu pada gigi datang tak diundang dan tak tertahankan. Aduhai lah, pokoknya! Dan sebagai ibu anak dua yang maunya sat set nggak repot, setiap kali rasa sakit gigi memuncak, obat yang selalu dijadikan andalan adalah paracetamol atau pereda nyeri ekstra yang bisa segera meredakan sakit yang meradang di gigi.

Hari pertama, rasanya masih bisa ditahan. Semua selesai hanya dengan menegak pil paracetamol. Tapi tak dinyana, rasa sakit di hari kedua justru makin dan makin luar biasa. Syukurnya, paracetamol masih membantu, namun dengan durasi yang lebih singkat. Dan puncaknya adalah di hari ketiga. Bukan lagi gigi yang ngilu, tapi badan dan seluruh kepala ngilunya bukan main.

Tubuh mulai menggigil dan hari-hari rasanya tidak menyenangkan. Boro-boro untuk beraktivitas, rasa ngilu yang berlebih pada gigi bisa bikin males melek karena seluruh tubuh dan pikiran hanya fokus pada gigi yang sedang sakit. Bak sedang berpesta, kuman-kuman di gigi ini tidak memberiku kesempatan untuk makan ataupun sekadar minum.


 

Sederhana, tapi nggak semua orang bisa. Apa, tuh? Yap, periksa ke dokter!

Kayanya sih gampang, ya. Dan udah sewajarnya kalau sakit itu ya harusnya periksa ke dokter. Bukannya malah meromantisasi rasa sakit dan minum obat seadanya di rumah karena kalau salah, akibatnya bisa fatal.

Bener aja tuh, akibat ke-sotoy-anku yang asal minum paracetamol biar nyeri giginya reda, ternyata malah bikin gigi makin ngilu luar biasa. Karena ya memang paracetamol ini berfungsi sebagai pereda nyeri aja, tanpa membereskan masalah sakit gigi yang sebenarnya harus segera dibasmi.

Tanpa pikir panjang, aku langsung mencari tahu klinik gigi yang bisa membantuku menemukan permasalahan yang terjadi pada gigiku. Telat sih, tapi yaudahlah ya lebih baik telat daripada nggak sama sekali hihihi alasan ~

Aku menyimpan beberapa nomor klinik gigi dan menghubunginya satu persatu, lalu memilih klinik mana yang bisa segera menolong gigiku sesegera mungkin. Dan aku juga bergegas membuat reservasi agar bisa segera melakukan pengecekan gigi.

Selama menunggu antrian masuk, isi kepalaku penuh sekali.
Akan diapakan ya gigiku nanti? 
Sakit nggak, ya, di dalam sana?  
Dokternya galak nggak, ya?
Lebay, kan? Emang! Hahaha. Ini adalah kali pertamaku mampir ke klinik gigi untuk bertemu dengan dokter gigi. Ya, kamu nggak salah baca, kok. Sejak kecil, aku memang nggak pernah diajak ke klinik gigi, makanya gigiku bolong sejak lama. Dan yaaa, ketidaktahuan orang tuaku tentang perlunya membawa anak ke dokter gigi untuk menjaga gigi agar tetap sehat membuatku mau tidak mau harus merasakan sakit gigi berulang kali sampai sesakit ini.

Karena tidak terbiasa berada di dokter gigi, aku merasa canggung dan takut. Bagaimana, tidak? Dokter gigi bak momok yang menakutkan. Dan kali pertamaku masuk ke ruangan dokter gigi, tidak hanya mulutku yang kaku, melainkan seluruh tubuhku ikut kaku mencengkeram kursi pasien sampai membuat dokter dan suster pembantunya ikut tegang. Padahal ini hanya proses penambalan gigi berlubang aja, tapi asli takut banget! Hahahaha ~

Beruntungnya, aku memiliki cukup pengetahuan tentang klinik gigi, sakit gigi dan perawatannya dari Klinik Gigi Satu Dental. Jadi, meskipun aku merasa ketakutan luar biasa, aku cukup tahu kesalahanku yang membiarkan gigiku berlubang dan membiarkannya selama tidak sakit selama ini.

Setelah hampir 30 menit di dalam ruangan, proses penambalan gigi yang penuh dengan ketegangan pun selesai. Aku duduk di kursi dokter untuk melakukan konsultasi setelah penambalan gigiku yang telah melewati masa kritis sakitnya.



Dentophobia adalah fobia seseorang yang takut datang ke dokter gigi.
Kondisi dentophobia ini membuat seseorang memiliki kecemasan berlebih untuk datang ke dokter gigi, bahkan hanya membayangkannya pun, seseorang sudah merasa cemas berlebihan dan merasakan ketakutan yang luar biasa. Mungkin ini salah satu alasan mengapa tubuhku kaku hanya dengan prosedur sederhana dari dokter gigi.

Padahal, dokter gigi adalah dokter sebagaimana dokter lain yang berfokus pada penyembuhan pasien agar terbebas dari rasa sakit yang dirasakannya dengan membereskan masalah yang jadi sumber penyakit pada gigi. Setelah berselancar di Klinik Gigi Satu Dental pun, aku baru tahu bahwa ternyata seharusnya bukan hanya mereka yang sakit gigi yang seharusnya datang ke dokter gigi. Melainkan, mereka yang merasa giginya sehat pun seharusnya melakukan kontrol gigi mereka ke klinik gigi yang mereka percayai bisa membantu mengecek gigi mereka.

Begitupun dokter gigi di Klinik Gigi Satu Dental, para dokter dan asisten di sana akan dengan sangat senang hati membantu memelihara dan memperbaiki kesehatan gigi dan mulut pasien, termasuk diagnosis, pencegahan, hingga perawatan gigi dan gusi pasien. Jadi, kalau yang sehat aja diberikan pelayanan yang baik, sudah tentu yang sakit giginya pun akan diberikan pelayanan ekstra, bukan?


Bagiku pribadi, salah satu tolok ukur yang bisa memberikan ketenangan di klinik gigi adalah lokasi klinik dan fasilitas klinik yang lengkap yang bisa menyamankan pasien bahwa dari kunjungan pertama. Nah, di Klinik Satu Dental ini, saat kali pertama masuk, kita akan disuguhkan dengan tempat yang bersih dan nyaman dengan dekorasi khas klinik gigi yang memanjakan mata.



Ruang Resepsionis

Pertama kali masuk ke Klinik Gigi Satu Dental, kamu akan melihat meja resepsionis yang bersih dan nyaman. Di sini, kamu akan dibantu oleh resepsionis yang sigap menjawab pertanyaanmu. Kamu bisa langsung reservasi kebutuhanmu atau bertanya-tanya terlebih dahulu layanan apa yang tersedia di Klinik Gigi Satu Dental sebelum memutuskan.


Ruang Tunggu

Nah, kalau urusanmu di resepsionis sudah selesai, kamu bisa duduk dan menunggu di ruang tunggu Klinik Satu Dental Kids. Di sini, kamu bisa duduk sambil nontonin smartphone-mu dengan nyaman. Ruang tunggu di Klinik Satu Dental Kids sudah ber-AC, ya. Jadi kamu nggak perlu takut kegerahan.

Oh ya, ada sudut untuk anak juga, loh. Jangan khawatir kalau kamu harus bawa anak saat menunggu giliran masuk ke ruang dokter. Sudut anak ini juga telah dilengkapi dengan mainan anak yang bisa dimainkan sembari menunggu orang tuanya yang sedang menahan sakit gigi heheh...


Satu Dental Center 4 Kids

Satu lagi nih yang hampir aja ketinggalan. Di Klinik Gigi Satu Dental ada juga layanan  alias Satu Dental Center 4Kids. Di sini, kamu bisa ajakin Si Kecil untuk cek kondisi kesehatan gigi dan mulutnya. Kamu juga bisa konsultasi sama dokter dari Klinik Gigi Satu Dental langsung terkait tata cara menjaga gigi dan mulut anak tetap sehat, termasuk makanan apa yang boleh dan tidak boleh, kebiasaan apa saja yang bisa merusak gigi dan mulut Si Kecil dan pertanyaan lain seputar kesehatan gigi dan mulut anak.

Di klinik Satu Dental Center 4 Kids, ruangannya disesuaikan dengan gaya anak yang membuat anak tidak takut ke dokter gigi dan tidak takut untuk memeriksakan giginya ke dokter. Nyaman banget pokoknya!

Untuk informasi lebih lengkapnya, bisa banget dikepoin IG Satu Dental 4Kids di sini!




Kalau cuma tempatnya bagus mah, banyak saingannya. Eits, jangan salah! Di klinik Satu Dental, kita nggak cuma akan dimanjakan dengan klinik yang bersih, interior yang nyaman dan juga resepsionis, ruang tunggu serta kids corner yang lengkap untuk menunjang kenyamanan pasien. Klinik Satu Dental telah berkomitmen penuh untuk menjadi klinik yang bisa dijadikan rujukan para pasien dengan cara:

    ðŸ¦· Dokter Telah Bersertifikasi dan Berpengalaman di Bidangnya
    🦷 Teknologi Canggih dan Bahan Standar Internasional
    🦷 Fasilitas dan Pelayanan Terbaik
    ðŸ¦· Kids Corner di Area Tunggu untuk Kenyamanan Si Kecil
    ðŸ¦· Kebersihan Klinik Selalu Terjaga
    ðŸ¦· Memberikan Hasil Terbaik dengan Harga Terjangkau




Kalian pasti juga mengira bahwa klinik gigi isinya hanya untuk orang-orang sakit gigi aja, kan? Ngaku aja! Karena akupun juga gitu hahaha.. Padahal, enggak! Ada begitu banyak pelayanan yang bisa kita nikmati sebagai pasien di Klinik Gigi Satu Dental. 

🦷 Cabut Gigi 

Salah satu layanan yang paling familier di kalangan masyarakat adalah layanan cabut gigi. Layanan ini biasa menjadi rujukan mereka yang giginya terlanjur sakit, seperti siapa? Seperti aku! Wkwkwk. Biasanya, pasien dengan keluhan sakit gigi akan dicek giginya terlebih dahulu. Jika kondisi giginya memungkinkan untuk diberikan perawatan tanpa harus dicabut, maka dokter akan menyarankan hal tersebut. Namun, bila kondisi gigi pasien parah, maka dokter akan menyarankan prosedur cabut gigi yang mana ini termasuk surgery atau operasi kecil.

🦷 Perawatan Akar Saraf Gigi

Nah, untuk kerusakan gigi yang menyerang akar dan saraf gigi, biasanya dokter gigi di Klinik Gigi Satu Dental akan menyarankan perawatan terlebih dahulu sambil memantau kondisi gigi pasien. Sebelum prosedur cabut gigi dilakukan, dokter akan otomatis mengecek kondisi akar gigi dan saraf pasien untuk mendiagnosis gejala yang dikeluhkan oleh pasien, sehingga dokter bisa memutuskan langkah selanjutnya apakah gigi pasien harus dirawat maupun harus dilakukan operasi kecil.

🦷 Tambal Gigi

Prosedur tambal gigi biasanya akan direkomendasikan oleh pasien punya masalah dengan gigi yang berlubang dan tidak nyaman, sehingga gigi perlu ditambal untuk mengembalikan kenyamanan gigi pasien yang rusak karena patah maupun berlubang.

🦷 Scaling atau Karang Gigi

Untuk pasien yang mengeluhkan karang gigi pada giginya yang terasa kotor, pasien akan direkomendasikan untuk melakukan pembersihan karang gigi pada permukaan gusi dan gigi sesuai dengan prosedur.

Layanan-layanan yang telah disebutkan di atas adalah layanan yang disediakan oleh Klinik Gigi Satu Dental untuk pasien-pasien yang sering mengeluhkan masalah pada kesehatan gigi dan mulutnya. Biasanya, pasien yang datang dengan keluhan gigi ngilu, sariawan pada mulut, gigi berlubang, bau mulut tak tertahankan dan masalah kesehatan gigi dan mulut yang lain yang butuh penanganan segera. 

Lalu, bagaimana dengan pasien yang sehat? Ada beberapa layanan juga yang disediakan oleh para pasien dengan kondisi gigi dan mulut sehat, namun ia ingin merawat giginya agar tetap dalam kondisi gigi dan mulutnya tetap terjaga dan sehat. Berikut beberapa layanan tersebut:

🦷 Dental Spa

Teruntuk pasien yang datang dengan kondisi gigi sehat dan tanpa keluhan apapun, dokter akan menyarankan perawatan dental spa untuk perawatan rutin pada kesehatan mulut dan gigi. 
Dental Massage
Sedangkan untuk pasien yang ingin memperbaiki penampilan gigi agar lebih baik, dokter gigi di Klinik Satu Dental akan menyarankan pemasangan veener gigi agar gigi pasien sehat dan terawat.

🦷 Whitening/Bleaching Gigi

Ada beberapa pasien yang datang mengeluhkan kondisi giginya yang kurang putih atau kurang bersih. Dalam kondisi ini, dokter gigi di Klinik Satu Dental akan menyarankan perawatan pasien untuk melakukan bleaching gigi atau whitening untuk mencerahkan warna gigi sesuai dengan prosedur klinik.


🦷 Veneer Gigi

Beberapa pasien bahkan merasa tidak PD dengan kondisi gigi yang ia miliki. Nah, untuk keluhan semacam ini, dokter gigi di Klinik Gigi Satu Dental akan menyarankan perbaikan penampilan gigi pasien dengan cara menempelkan veneer pada gigi pasien.

Ternyata banyak juga, ya! Padahal itu masih belum semua, loh hahaha. Yap, Klinik Gigi Satu Dental masih punya layanan lain teruntuk kamu yang ingin mempercantik penampilan gigimu biar makin cantik dan sedap dipandang. Beberapa layanan dari Klinik Gigi Satu Dental, antara lain:

🦷 Behel/Kawat Gigi

Klinik Gigi Satu Dental memiliki layanan untuk kamu yang ingin mempercantik penampilan gigimu dengan damon, yakni salah satu merk behel yang pemasangannya menggunakan teknologi bernama self-ligating dimana karet tidak memerlukan "power O" ataupun karet untuk menahan kawat gigi pada tempatnya. Ada juga pilihan kawat gigi konvensional untuk kamu yang ingin memperbaiki struktur rahang maupun gigi agar cantik. Ada pula clear aligner yang merupakan suatu inovasi terbaru yang akan disarankan oleh dokter gigi bagi kamu yang tidak ingin menggunakan behel gigi, namun tetap ingin memperbaiki gigimu. Clear aligner ini transparan, jadi kamu bisa tetap percaya diri saat menggunakannya.

🦷 Crown Gigi

Jika Anda memiliki yang rusak dan ingin memperbaikinya, tentu dokter akan menyarankan perosedur pemasangan crown gigi, yakni pemasangan gigi selubung di atas lokasi gigi yang rusak dan butuh diperbaiki.

🦷 Gigi Palsu/Tiruan

Nah, jika Anda memiliki maslah dengan gigi Anda yang rusak maupun hilang, namun tetap ingin menjaga bentuk wajah, maka Anda bisa meminta dokter gigi di Klinik Gigi Satu Dental untuk memasang gigi palsu atau gigi tiruan.

🦷 Implan Gigi

Jika akar gigi pasien terlalu rusak, maka dokter akan menanam alat sekrup titanium yang berfungsi untuk menggantian akar gigi pasien agar gigi pasien tampak lebih cantik.


Itulah dia layanan-layanan yang disediakan oleh Klinik Gigi Satu Dental. Jangan khawatir untuk datang memeriksakan kondisi kesehatan gigi dan mulutmu ke Klinik Gigi Satu Dental. Di sini, kamu akan dilayani dengan prosedur yang menyenangkan dari dokter berpengalaman dan bersertifikasi terbaik. Dan soal lokasi, Klinik Gigi Satu Dental bisa kamu temukan di beberapa kota besar di Indonesia, lho.


Jadi, tidak perlu lagi khawatir maupun ragu untu memeriksakan kondisi kesehatan gigi dan mulut Anda sebelum terlambat. Jangan tunggu sakit untuk datang ke Klinik Gigi Satu Dental, ya! Lebih baik mencegah daripada mengobati, kan? Dan langkah pencegahan sakit gigi terbaik adalah dengan rutin memeriksakan kesehatan gigi dan mulut ke Klinik Gigi Satu Dental. Jadi makin yakin untuk Go Away Dental Anxiety Bersama SATU Dentour, yay!!

Biar makin mantap sama Klinik Gigi Satu Dental, berikut ini ada beberapa honest review dari customer yang udah pernah datang ke klinik.


Semuanya bilang kliniknya sangat worth to visit. Bikin makin yakin kalau ke dokter gigi nggak semenakutkan itu pokoknya! Dan yang paling penting, jangan sampai melewatkan jam sikat gigi setelah makan dan sebelum tidur untuk menjaga kualitas kebersihan gigi dan mulut agar tetap sehat sampai tua, ya! Nggak mau jadi generasi yang mewariskan gigi rusak ke anak cucu karena kebiasaan yang salah, kan?! Hihi

Salam,
Dwi Septia

4 Comments

  1. Saya juga menyesal kenapa nggak merawat gigi sedari muda. Kalau suda berumur gini, sakit gigi sedikit saja rasanya mau nangis 😅😅

    BalasHapus
  2. istri saya pernah sakit gigi sampai nangis-nangis di dokter gigi, katanya sakit banget hahaha kasian tapi geli juga lihatnya

    BalasHapus
  3. Ini yang paling sering dilupakan orang, ke dokter gigi nunggu sakit gigi dulu. Ayoo mulai sekarang rutin kontrol ke dokter gigi. Makasih insightnya, berguna nih buat yang masih suka males ke dokter gigi

    BalasHapus
  4. Aku pernah sakit gigi pas usia hamil muda doong, rasanya aduhai sekali. Tapi alhamdulillah waktu itu langsung ke dokter gigi dań gercep nambal lubang yang bikin perkara. Hamil tenang tanpa gangguan sakit gigi deh.

    BalasHapus

Halo!

Terima kasih telah membaca blog www.dwiseptia.com. Semoga konten yang ada di blog ini bisa menginspirasi. Doakan saya bisa produksi konten yang lebih baik, ya!
Oh, ya kalau ada rekues konten silakan tulis di kolom komentar, ya! ^^

Follow Me On Instagram